Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Berikut ini adalah informasi tentang Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Bulan Kategori Pengetahuan
Judul : Cara Perawatan Bayi Baru Lahir
Link : Cara Perawatan Bayi Baru Lahir
Cara Perawatan Bayi Baru Lahir - Hallo para pembaca Dunia Putra Putri yang budiman, Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung di situs kami. Pada Postingan kali ini dengan judul Cara Perawatan Bayi Baru Lahir, telah kami buat dan persiapkan dengan sebaik mungkin agar para pembaca semua dapat lebih memahami informasi yang ada didalamnya. Kami berharap mudah-mudahan isi postingan dengan kategori Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat lebih mudah anda pahami dan bermanfaat untuk anda semua. Baiklah, selamat membaca.

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir


Merawat bayi baru lahir benar-benar bukan tugas enteng. Padahal apabila tidak dirawat bersama benar & kebersihannya tidak dijaga, tubuhnya akan rentan pada tidak sedikit penyakit. Sektor badan mana saja yg utama dirawat & dijaga kebersihannya?

Berikut ini sektor badan yg butuh dalam perawatan bayi baru lahir
TALI PUSAT
Perawatan tali pusat terhadap bayi baru lahir mesti diperhatikan betul, lantaran daerah ini gampang sekali terkena infeksi. Apabila tali pusat yg belum putus tidak sengaja terkena air diwaktu bayi dimandikan, keringkan dgn cotton buds atau kasa steril. Jangan Sampai bubuhi ramuan apa serta kepada pangkal tali pusat.

MATA
Di sini terdapat sumber air mata yg terletak di atas mata. Tiap-tiap 3 detik, sumber air mata mengeluarkan air mata, yg dulu mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat hidung. Kepada bayi baru lahir, sebab di kandungan belum sempat menangis, sehingga sumber air mata belum berproduksi. Menjadi, salurannya masihlah tertutup. bisa pula, kadang terbuka tetapi dulu menutup lagi, maka airmata yg semestinya telah mengalir menjadi tergenang.

KULIT
Supaya kulit masihlah lembab & terhindar dari kekeringan, Dianjurkan penggunaan baby oil yg mengandung Vitamin E. “Vitamin ini pula berguna utk menciptakan kulit terus halus, lembut, & terhindar dari lecet,” Buat mencegah munculnya biang keringat, atur temperatur ruangan/kamar bayi senyaman bisa jadi. jangan bayi kepanasan. Bila tidak miliki AC, ventilasi kamar mesti baik.

KULIT KEPALA
Yg paling menjengkelkan tetapi tidak berbahaya merupakan cradle crap atau kerak di kulit kepala. Antara lain disebabkan kulit kepala terpolusi hawa & debu. Bersihkan bersama air matang sesudah dikasih obat dari dokter. Tetapi jangan sampai keras-keras dikarenakan sesudah dikasih obat, sebenarnya kelak bakal ngelotok sendiri.
Boleh pula memanfaatkan baby oil, diamkan kira-kira 10-15 menit, dulu pijat dengan cara lembut, dilanjutkan dgn pencucian. Janganlah terlampaui keras pemijatan. Usahakan kulit kepala terus sejuk & kering, sebab kerak ini bakal semakin parah apabila kulit kepala berkeringat.

RAMBUT
Kata Adi Tagor, buat menumbuhkan rambut bayi sebenarnya tidak butuh sampo. Dirinya lebih menganjurkan penggunaan daun seledri juga sebagai perangsang. Namun, boleh-boleh saja memakai sampo husus bayi & lumayan dua kali seminggu.

HIDUNG
Sektor dalam hidung miliki daya pembersih sendiri & tidak butuh perawatan husus. Seandainya ada cairan atau kotoran yg ke luar, bersihkan sektor luarnya. Janganlah pakai cotton buds, tisu yg digulung mungil atau jari Kamu buat mengeluarkan kotoran dari dalam hidung. Kamu cuma bakal mendorong kotoran itu semakin jauh ke dalam atau bahkan menggores membran pembatas hidung yg peka.

TELINGA
Seperti hidung, sektor dalam telinga pun tidak boleh dibersihkan. Kamu boleh membersihkan kalau kotoran itu telah mencapai “pintu” ke luar atau sesudah melintasi “tikungan” di dalam liang telinga luar. Pakai cotton buds yg dikasih air hangat biar kotoran menjadi lebih lunak, maka gampang dikeluarkan. Minta bantuan dokter buat membersihkan kotoran yg berada di dalam telinga & keras.

MULUT
Sebenarnya mulut bayi tidak butuh perawatan kusus. Lebih-lebih hingga memakai kasa steril yg dibasahi air matang utk membersihkan endapan susu di permukaan lidah. Salah-salah malah bikin lidah lecet. “Endapan susu tidak butuh dibersihkan. Sesudah umur 3 bln, endapan susu tidak ada lagi, lantaran bayi telah sejak mulai makan makanan padat. Menjadi, pass dikasih air putih saja utk membersihkan mulutnya,” terang Adi Tagor. Sesudah bayi tumbuh gigi, lebih kurang umur 6 bln, boleh gusi & gigi dibersihkan sekali sehari bersama kasa steril yg dibasahi air matang.

KUKU
Buat mencegah kuku-kuku bayi menggores bagian-bagian yg membahayakan, tutuplah bersama sarung tangan ketika bayi sedang tidak diawasi. Karena, tangan ialah bidang dari pancaindera yg mesti dikembangkan, adalah indera peraba yg justru yakni indera penting kepada bayi. Lebih-lebih bayi baru lahir sejak mulai mengenal dunianya melalui sentuhan. Pegang saja tangannya bersama lembut kala ingin mencakar atau menyentuh sesuatu yg berbahaya.

BOKONG
Ruangan ini enteng terkena masalah, sebab tidak jarang berkontak dgn popok basah & terkena macam-macam iritasi dari bahan kimia pun mikroorganisme penyebab infeksi air kemih/tinja, ataupun gesekan bersama popok atau pakaian. Kebanyakan dapat timbul gatal-gatal & merah di kira kira bokong.

Jangan Sampai pakai diapers sepanjang hri. Pass disaat tidur tengah malam atau bepergian.
Janganlah ganti-ganti brand diapers. Pakai cuma satu brand yg pas utk bayi Kamu.
Lebih baik pakai popok kain. Jikalau terpaksa memanfaatkan diapers, kendurkan sektor paha utk ventilasi & seringlah menggantinya (tiap kali beliau habis buang air kecil/besar).
ga ada salahnya sesekali membiarkan bokongnya terbuka. Seandainya butuh, biarkan beliau tidur bersama bokong terbuka. Pastikan suhu ruang pass hangat maka beliau tidak kedinginan.
Jikalau peradangan kulit sebab popok terhadap bayi Kamu tidak membaik dalam 1-2 hri atau apabila timbul lecet atau bintil-bintil mungil, hubungi dokter anak Kamu.
Mutlak juga diperhatikan hal makanan. Para ibu yg menyusui bayinya dgn ASI mesti menghindari makanan yg mengandung lemak, asam & pedas dikarenakan bisa menciptakan bayi tidak jarang buang air akbar maka pantatnya menjadi lecet. Ini mesti diobati bersama obat dari resep dokter.

Akhir postingan dengan judul Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Demikian Postingan kami dengan judul Cara Perawatan Bayi Baru Lahir kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang sedang membaca postingan berjudul Cara Perawatan Bayi Baru Lahir dengan alamat link https://duniaputraputri.blogspot.com/2016/04/cara-perawatan-bayi-baru-lahir.html
Terima kasih telah membaca artikel Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Update , semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Post a Comment for "Cara Perawatan Bayi Baru Lahir"